10 Alasan mengapa Toko Online anda sepi pelanggan
Ikut memainkan peran dalam penjualan online sebagian orang menganggapnya mudah bahkan ada yang menyediakan layanan pembuatan toko online hanya dalam beberapa menit saja!! . Namun dengan adanya analisis dan penelitian terbaru mungkin bisa sedikit membantu menyelesaikan masalah penyebab situs Anda kehilangan pelanggan dan gagal menjual produk.
Dengan mengumpulkan umpan balik (tanggapan) dari para pengguna di tambah sebanyak 400 keluhan dari 400 website penjualan online selama 3 tahun, Qubit berhasil membuat setidaknya 10 temuan penting.
Berdasarkan penelitian Qubit, berikut adalah 10 keluhan yang menjadi penyebab utama toko online sepi dari para pelanggan.
1. Harga
Ternyata harga merupakan keluhan dari para online shopper sejak lama dan terus menduduki penyebab tertinggi. Penelitian Qubit menunjukkan bahwa keluhan terbesar konsumen adalah harga yang terlalu mahal untuk produk tertentu karena tidak semua online shopper menyukai dan bangga akan harga barang yang mahal.
Menurut Nomis Solutions , konsumen 7,4 kali lebih sensitif terhadap harga produk yang dijual secara online dibandingkan toko offline. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui bahwa harga produk di toko online Anda sudah kompetitif dengan pangsa pasar. Lebih penting lagi, Anda harus bisa menawarkan sesuatu yang toko online lain tidak bisa melakukannya .
2. Keragaman Produk
Pelanggan melakukan pembelian secara online karena berbagai alasan - salah satu yang terbesar adalah ketersediaan berbagai jenis produk. Pembeli online (online shopper) ingin memperoleh pengalaman lebih mudah untuk menemukan item pada toko online ketimbang mereka membelinya secara offline. Dan tentu saja, situs toko online anda harus mencerminkan dan memberikan pengalaman memuaskan bagi pelanggan selama mereka mencari produk yang diinginkan.
Menurut penelitian Qubit menyarankan Anda melakukan perubahan atau menambahkan rekomendasi produk kepada pelanggan. Bisa berupa daftar khusus untuk produk-produk terbaru, produk populer, produk musiman dan menglompokkan "item terkait".
3. Ukuran
Banyak situs ritel online belum memiliki grafik pembanding (ukuran) yang dapat diandalkan untuk membantu para pembeli mereka. Membuat grafik pembanding misalnya dalam hal pakaian akan membantu calon pembeli mengenali ukuran pakaian yang paling sesuai untuk dirinya.
4. Fungsi Situs
Menurut Qubit jika tombol checkout Amazon mengalami gangguan selama satu jam saja, itu bisa membuat Amazon kehilagan potensi penjualan sebesar $2 juta dolar. Jadi, jika anda memiliki situs online shop pastikan semua berjalan dengan baik dan sempurna.
Jika terjadi gangguan cukup serius dan berlangsung cukup lama, untuk mempertahankan pelanggan sebaiknya Anda transparan bila ada masalah dan memberikan pesan kesalahan yang menghibur. Tindakan ini akan membuat pelanggan kembali menunggu sampai situs anda bekerja normal kembali.
5. Lamban
Mengingat ada banyak pembeli yang tidak sabar dan terburu-buru dalam melakukan pembelian online, ini mengindikasikan bahwa situs anda harus bebas dari masalah lamban di akses. Pembeli suka melakukan klik dengan cepat, jangan membuat kata-kata tersembunyi yang malah akan membuat pelanggan bingung. Jadi perbaiki masalah ini sekarang juga!!.
6. Pencarian Situs
Tidak semua situs mampu membuat hasil pencarian seperti Google terutama untuk situs toko online menengah kebawah. Jadi, agar setiap orang mudah menemukan apa yang diinginkan, Qubit menyarankan untuk meningkatkan dan memperluas sistem pencarian.
7. Ketersediaan Produk (stok)
Keluhan lain adalah ketersediaan produk yang dijajakan. Meskipun keluhan ini terbilang tidak terlalu tinggi, namun menurut Qubit hal ini bisa menimbulkan kemarahan pembeli dan masalah serius bagi toko online Anda. Sebaiknya Anda selalu mengupdate informasi ketersediaan produk jangan sampai ada keluhan pelanggan karena Anda masih menampilkan produk yang stoknya sudah habis.
8. Navigasi
Jika situs toko online Anda tidak memiliki label dan navigasi yang jelas, pelanggan akan segera meninggalkannya karena kebingungan. Pastikan Anda menampilkan item populer dan terbaru di paling atas atau dihalaman paling awal. Tidak lupa buatlah menu navigasi yang dapat dengan mudah di pahami oleh online shopper.
9. Diskon
Berikan diskon atau bonus setiap pembelian produk tertentu atau dalam jumlah tertentu, maka hal ini menjadi salah satu daya tarik untuk menyikapi dari hal harga.
10. Gambar
Jika situs anda memiliki gambar berlebihan atau terlalu sedikit gambar, Anda sudah mengalami kerugian yang besar. Penelitian menunjukkan bahwa pengguna website (pengunjung) hal pertama yang dilakukannya ketika pertama kali berkunjung adalah melihat baru kemudian membaca. Ini berarti menyediakan gambar produk akan sangat membantu pelanggan.
klik gambar untuk cara selengkapnya membuat foto produk
Menurut Qubit, konsumen lebih memilih untuk melihat beberapa gambar sebelum melakukan pembelian dan ingin melihatnya dalam keadaan terpakai, bukan hanya sekedar gambar pakaian saja. Dengan menambahkan demografik atau video yang terkait dengan produk akan membuat pelanggan merasa sudah menemukan apa yang dicarinya dan tentu saja ia akan segera membelinya.
Itulah 10 hal utama yang harus diperhatikan oleh para pemilik situs online shopping agar para pembeli terus berdatangan. Apabila anda salah seorang online shopper atau pemilik toko online, mari diskusikan bersama keluhan yang dirasakan disini....
![]() |
Wed, 22 Apr 2015 @18:50Raden sudrajat |
![]() |
Tue, 26 May 2015 @08:34Tour Murah di Bali |
![]() |
Thu, 11 Feb 2016 @18:26Ari |
silahkan kunjungi tutorial online kamu untuk belajar mengelola website anda
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Download Panduan & Tutorial
PT.SITEKNO | JL. Lapang II No 8 Lembang Bandung 40391,
Phone :022-2789803
sms only
08-999-848-748 (sms only)
085-221-036-600 (sms only)
paket reguler yang kita Bantu kelola seperti memasukan logo, banner, konten dll